Translate

Tuesday 2 July 2013

DID YOU KNOW?: Ternyata Sayuran Memiliki Perasaan!

Kebanyakan orang berpikir menyimpan sayuran dikulkas akan awet, memang tapi bukan berarti kandungan yang ada didalam sayuran tersebut akan awet juga. Ketika di petik, ternyata sayuran tidak langsung mati seperti yang anda semua kira. Sejumlah peneliti menemukan jika sayuran disimpan didalam kulkas, akan menurunkan kandungan yang menyehatkan dalam sayuran dikarenakan 'perasaan' tersebut.

Bagaimana mungkin Sayuran memiliki perasaan?


Menurut penelitian dari Rice University di Texas, yang dilakukan oleh peneliti Janet Braam mengatakan, "Sayuran, dan buah-buahan (yang telah dipetik) juga, masih hidup dan punya 'perasaan'. Jadi ketika disimpan dalam lemari es yang gelap, sayuran (akan) gagal memproduksi senyawa tertentu sehingga kadar gizinya pun menurun,".

Beberapa sayuran seperti kubis mengandung glucosinolate. Glucosinolate sendiri adalah senyawa dengan rasa pahit, dan penangkal hama seperti ulat yang memakan daun sayuran.

Jika sayuran ini disimpan didalam kulkas yang gelap, maka senyawa glucosinolate yang diproduksi saat sayuran menerima cahaya siang dan malam, tidak akan mampu diproduksi

"Mungkin perlu ada lemari es yang cahayanya bisa diatur agar bisa menciptakan siklus siang dan malam bagi sayuran, sehingga kandungan nutrisi dalam sayuran tetap terjaga," saran Braam.


Sumber: Merdeka.com
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment